Selasa, 16 Agustus 2016

SURAT KECIL UNTUKMU DI SURGA



Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami panitia Festival Nulis 2016 dari Lembaga Keilmiahan The Green Scientists Society (GS2) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang dapat menyelesaikan tugas kami menerbitkan buku antologi artikel dan cerpen dengan judul “Strategi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Guruku Inspirasiku.”

Festival Nulis untuk tingkat mahasiswa, kami selenggarakan dengan tujuan agar mahasiswa sebagai agent of change turut menyumbangkan ide kreatifnya melalui tulisan. Festival Nulis Artikel kali ini mengangkat tema "Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis Kearifan Lokal dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045" melihat saat ini pembelajaran di sekolah kurang inovatif dan membosankan, serta semakin meninggalkan kearifan budaya lokal, maka dari itu pembelajaran di Indonesia membutuhkan terobosan baru, ide kreatif baru, yang tetap berpegang teguh pada kearifan lokal demi terwujudnya pemuda–pemudi kritis dan tanggap serta menjaga kearifan lokal demi mewujudkan Indonesia emas tahun 2045.

Sementara untuk kategori Cerpen mengangkat tema Guruku Inspirasiku mempunyai maksud meningkatkan kecintaan kita kepada guru sebagai tokoh yang berperan penting mendukung kegiatan pembelajaran. Guru yang dimaksud tidak hanya seseorang yang bergelar sarjana, namun juga orang tua, tokoh masyarakat, dan orang yang berilmu yang dapat menginspirasi muridnya.

Kami selaku panitia Festival Nulis menyampaikan terima kasih kepada Pembina The Green Scientists Society, Bapak Edy Subkhan, yang selalu membimbing kami dalam menjalankan program kerja. Kami sampaikan terima kasih pula kepada Bapak Sunawan dan Ibu Wulan Adiarti selaku juri artikel serta kepada Bapak Gunawan Budi Susanto dan Bapak Sendang Mulyana selaku juri cerpen pada Festival Nulis 2016. Tidak lupa kepada para juara dan finalis yang telah turut berkontribusi dalam festival ini. Terima kasih kepada seluruh fungsionaris GS2 yang telah bekerja keras membantu terselenggaranya festival ini.

Buku ini telah kami susun dan upayakan memenuhi harapan, namun tentu saja masih terselip kekurangan, untuk itu kami mohon saran, dan kritik dari pembaca sekalian untuk pembaikan kami selanjutnya. Buku ini dicetak sebagai bentuk apresiasi kami kepada para juara dan finalis karena telah menyumbangkan karya terbaiknya sehingga bisa dibaca oleh orang banyak. Harapan kami buku ini dapat memberi manfaat bagi mahasiswa pada khususnya dan kepada pembaca pada umumnya. Amin.

Semarang, Juni 2016
Thee Green Scientists Society